Jumat, 28 Agustus 2009

Bahan Bakar Vs Kompresi I

Tidak banyak yang menyadari bahwa bahan bakar menjadi elemen mendasar sebelum melakukan modifikasi mesin. Entah itu untuk kebutuhan balap atau korek harian yang bertujuan untuk meningkatkan performa mesin standar motor.

Pemilihan bahan bakar akan sangat menentukan perhitungan lanjutan dalam memodifikasi sebuah mesin motor. Bahan bakar mesin Otto yang biasa disebut juga mesin bensin merupakan gugus Hidrokarbon yang memiliki rumus kimia CnH2n+2

Hampir semua orang awam tahu bahwa angka oktan dianggap sebagai nilai kualitas dari sebuah bahan bakar. Bahan bakar memiliki oktan lebih tinggi dianggap lebih baik dibanding yang lebih rendah.

Lalu apa sih yang disebut dengan
angka oktan itu? Balik lagi ke bahan bakar yang dipakai oleh motor bensin yang merupakan gabungan dari n-heptane dan Iso Octane.

N-Heptane kependekan dari normal heptana. Normal menunjukkan rangkaian rantai karbon lurus, heptana, berarti 7. Artinya ada 7 atom karbon yang terangkai lurus. Sesuai rumusan di atas CnH2n+2, berarti n-heptana memiliki rumusan molekul C7H16.

Model rangkaian rantai karbon lurus ini mudah sekali diputuskan dengan sedikit energi dari luar. Makanya, molekul n-heptana tidak dianggap faktor yang diperhitungkan dalam menahan pemutusan rantai karbon yang dilakukan oleh kompresi dan panas pembakaran.

12 komentar:

  1. mantap nih, mulai nge-blog
    -George

    BalasHapus
  2. Kalo dicampur timbal piye mas?

    BalasHapus
  3. Terobosan yang luarbiasa, bisa sharing dan nimba ilmu nih.

    BalasHapus
  4. Buat Bro J3tta, timbal gak boleh lagi bro.. kecuali Mas Puan masih nyimpen kali barang ajaib itu hehehe

    BalasHapus
  5. Thx Bro Aries... gimana servisan CDI Rextornya, mudah mudahan makin MANTEB aja kaya web ini. Silahkan sharing pengalaman di sini. kalo ada usulan thema boleh juga. Ditunggu

    BalasHapus
  6. Hehehe..kok tau si mas sokran masih punya? hehehe..

    usul bahas water injection ya :D

    BalasHapus
  7. Servisan cdi lagi rame bro,,sampek sabar mesti nunggu 1 bulan. kok ada orang yang sabar jaman modern kaya gini ya?
    yang jelas nerimanya masih brt dan rextor aja, itupun masalah cdi mati dan upgrade spark energi...sukses besar..!

    BalasHapus
  8. Lha tau dong.. wong RX King kemaren masih Pake Bro J3tta. Water injection 2 tak boleh juga tuh.. sabar...

    BalasHapus
  9. Buat Bro Aries. Lha kalo mau hemat ya mesthi sabar, kalo nggak beli aja baru.. cepat tapi boros.. hari gini gitu lhooo... apalagi lagi puasa.. sabar pahala besar..

    BalasHapus
  10. mas klo boleh tau alamat bengkel nya manual tech tuh dmn nya...................

    BalasHapus
  11. mas kalo bole usul
    bahas ttg setting pre load pd shockbreaker dpn dan blkg motor road race dong.
    soalnya yg sering dibahas dimedia cm cara ukur preload shock blkg doang.
    tp yg dpn enggak.
    pdahal kan kdua nya sm2 penting

    BalasHapus